Pasang Iklan di Vickzkater.com
Monday, January 21, 2013

Tips memperpanjang umur (awet) baterai hp

Post sebelumnya baru tentang pengenalan jenis-jenis baterai hp dari zaman ke zaman, kali ini saya mau membagikan 'tips untuk memperpanjang umur (awet) baterai hp kita'.

Charging Handphone
Charging Handphone

Hal yang paling simpel untuk memperpanjang umur baterai adalah dengan 'sedikit perawatan'. Umur baterai rata-rata hingga 400 kali charge dan discharge, sebentar kan?

Bagaimana cara memperpanjang pemakaiannya?
Jika Anda melakukan pengecasan pada setiap malam, umur baterai Anda setidaknya bisa bertahan 12-15 bulan. 
Jika Anda bisa melakukan pengecasan dua kali seminggu, berarti umur baterai Anda bisa mencapai 2-3 tahun. Jadi, lebih sedikit Anda melakukan pengecasan, maka makin lama pula umur baterai.

Nah beberapa cara sederhana ini bisa Anda lakukan agar baterai tetap awet. Ini dia!
  1. Persingkat waktu pengecasan; Cara yang paling efektif melakukan pengecasan yakni apabila ponsel dalam kondisi mati. Tapi ingat, lakukan hal ini apabila Anda benar-benar tidak dalam kondisi menunggu telepon penting, misalnya selepas jam kerja.
  2. Hindari gonta-ganti SIM; Setiap kali mengganti SIM, berarti ponsel Anda harus dimatikan dan pada awal dihidupkan akan meloading sistem ponsel dan melakukan pencarian sinyal operator. Pekerjaan ini membutuhkan daya yang besar.
  3. Matikan vibrator dan lampu latar; Jika Anda berada dalam ruangan yang bisa dipastikan bisa mendengar bunyi dering ponsel dengan jelas, tak ada salahnya mematikan vibrator(getar). Begitu juga dengan lampu latar, sebisa mungkin diatur agar tidak aktif/redup pada siang hari.
  4. Hindari penggunaan fitur yang tidak perlu; Fitur ponsel yang makin beragam membuat penggunaan baterainya pun makin boros. Untuk itu, sebisa mungkin tidak menggunakan fitur yang tak diperlukan. Misalnya, mengaktifkan flash kamera pada siang hari atau mengaktifkan Bluetooth padahal tidak digunakan.
  5. Hindari ponsel dari benturan & percikan air; Salah satu sebab baterai boros karena adanya hubungan singkat (korsleting). Korsleting ini bisa disebabkan karena ponsel sering terjatuh atau terkena cairan. Untuk mengurangi efek negatifnya, sebaiknya gunakan pelindung.
  6. Pastikan Anda di mode GSM; Ponsel 3G umumnya memiliki pilihan seting jaringan GSM, dual mode dan 3G only. Bila Anda tak sedang menikmati fasilitas 3G, disarankan untuk menggunakan mode GSM saja. Pengaturan ini ada di pilihan “Jaringan”.
  7. Jangan biarkan baterai habis; Untuk tipe baterai Lithium Ion dan Polymer waktu pengecasan baterai sebaiknya tidak menunggu baterai benar-benar habis. Jadi begitu ada peringatan baterai lemah, silahkan langsung dicas.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda :)
Bantu like fanpage Facebook kami yang ada di sebelah kanan blog ini.
Terima kasih :)

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-kilo-gebrus-nila/

    ReplyDelete


Komentar diharapkan berisi hal-hal yang positif, seperti respon atau saran/kritik yang tidak mengandung hal SARA dan Pornografi. Terima kasih.