Pasang Iklan di Vickzkater.com
Thursday, September 12, 2013

Mengenal Ukuran Kartu SIM GSM

Kartu SIM singkatan dari Subscriber Indentity Module telah menjadi pendamping setia ponsel GSM (dan beberapa ponsel CDMA). Ponsel GSM tanpa kartu SIM ibarat mobil tanpa bahan bakar. Sejak kali pertama diperkenalkan sampai sekarang, ukuran kartu SIM telah mengalami beberapa kali perubahan. Anda perlu mengetahuinya, minimal supaya tak bingung dengan istilah yang digunakan.

Berikut VICKZKATER.COM akan menjelaskan ukuran-ukuran pada kartu SIM yang ada sekarang:
Ukuran Kartu SIM
Ukuran Kartu SIM


Full-size SIM card
Ini adalah ukuran kartu SIM generasi pertama. Panjang dan lebarnya setara dengan kartu kredit atau kartu ATM. Sebagian ponsel yang beredar di Indonesia pada pertengahan 1990-an menggunakan full-size SIM card. Misalnya, Nokia 2010 dan Motorola 8200.

Mini SIM card
Sampai sekarang masih menjadi ukuran kartu SIM yang paling populer. Mayoritas ponsel yang kini beredar di Indonesia masih menggunakan mini SIM. Karena ukuran ini sangat lazim digunakan, sebagian pengguna ponsel bahkan tak mengetahui kalau dulu pernah ada ponsel yang memakai kartu SIM berukuran lebih besar. Ketika di lembaran spesifikasi disebutkan suatu ponsel menggunakan mini SIM, Anda tak perlu bingung lagi. Sebab, mini SIM itu adalah kartu SIM berukuran normal pada saat ini.

Micro SIM card
Berukuran lebih kecil daripada mini SIM card. Bayangkan saja kartu mini SIM dipotong sebagian. Sisakan sedikit bingkai di sekeliling chip atau konektor logam. Ponsel yang kali pertama memakai micro SIM adalah iPhone 4. Berikutnya, ada aneka tipe ponsel yang juga menggunakan micro SIM. Di antaranya adalah Nokia N9, Lumia 710, Lumia 800, Motorola RAZR XT910, Apple iPad generasi pertama sampai keempat, Sony Xperia SP, HTC One X, Samsung Galaxy Note II, dan LG Nexus 4.

Nano SIM card
Saat ini merupakan ukuran terkecil kartu SIM. Mudahnya, ibarat kartu SIM digunting sampai tersisa chip atau konektor logamnya. Standar ukuran ini mulai dipakai di Apple iPhone 5, lalu diadopsi pula oleh iPad mini.


Tabel Ukuran Kartu SIM
Tabel Ukuran Kartu SIM



Dikutip dari: ponselmu.com dan wikipedia
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Post a Comment


Komentar diharapkan berisi hal-hal yang positif, seperti respon atau saran/kritik yang tidak mengandung hal SARA dan Pornografi. Terima kasih.